Istilah-istilah pada Undangan Pernikahan

cetak undangan pernikahan jogja

Ketika anda ingin membuat atau memesan undangan pernikahan, mungkin banyak istilah yang anda baru dengar terkait dengan percetakan undangan pernikahan yang belum anda pahami. Maklum, karena proses pembuatan undangan pernikahan melalui beberapa tahapan. Tahapan-tahapan itu terdiri dari proses pra cetak, cetak, dan pasca cetak. Yang akan kami bahas dalam artikel ini adalah istilah-istilah pada proses pasca cetak, yaitu tahapan setelah undangan pernikahan dicetak, tahapan ini juga disebut finishing.

cetak undangan pernikahan jogja

Laminasi

Laminasi yaitu proses pelapisan kertas dengan menggunakan plastik khusus dengan tujuan memberikan perlindungan serta memberikan efek tertentu pada kertas. Kertas yang dilaminasi akan menjadi lebih tahan terhadap air ketimbang kertas yang tidak dilamiasi. Teknik laminasi cetakan ada dua macam, yaitu teknik laminasi basah dan laminasi kering. Laminasi basah yaitu proses laminasi dilakukan dengan melapisi plastik dengan lem basah / dingin sebelum ditempelkan ke kertas.Laminasi basah hasilnya cenderung lebih lentur / lemas. Laminasi ini digunakan pada cover undangan pernikahan hardcover, sehingga kertas lentur dan bisa dilipat. Sedangkan Laminasi kering yaitu proses laminasi dimana lapisan plastic laminasinya sudah mengandung lem dan dipress ke kertas dengan roll mesin yang sudah dipanaskan. Hasilnya kertas akan menjadi lebih kaku dan tebal. Pada undangan pernikahan, laminasi ini biasa digunakan terutama untuk undangan pernikahan softcover. laminasi Ada berbagai macam jenis laminasi, yaitu :

Laminasi Doff : Laminasi dengan menggunakan plastic yang bersifat ngedoff. Hasil laminasi doff pada cetakan undangan pernikahan yaitu warna menjadi lebih redup dan kertas terasa lembut ketika dipegang / diraba. Laminasi doff bisa menggunakan teknik laminasi basah dan teknik laminasi kering

Laminasi Glossy : Laminasi dengan menggunakan plastic glossy. Hasil laminasi glossy kertas / cetakan menjadi lebih mengkilat dan kaku. Laminasi glossy hanya bisa dilakukan dengan teknik laminasi kering.

Laminasi Window : Laminasi window hampir sama dengan laminasi glossy, bedanya pada laminasi ini kertas yang akan dilaminasi sudah didesain ada lubang khusus (window). Laminasi ini memberikan kesan kaca yang menutup window / lubang tertentu. Laminasi ini paling banyak dipakai untuk membuat kemasan / packaging

Hotprint / Hot stamping

Yaitu teknik cetak kering dengan cara mentransfer foil ke suatu media cetak (bisa berupa kertas, kulit, mika, dll) melalui plat / klise yang sudah dipanaskan. Pada undangan pernikahan, orang awam sering menyebut hasil hotprint ini dengan istilah “tinta emas”. Memang sebagian besar umumnya undangan pernikahan menggunakan foil yang berwarna emas, padahal ada banyak sekali warna foil yang ada dipasaran seperti warna perak, tembaga, metallic dll. Hotprint pada undangan pernikahan umumnya diberikan pada penulisan nama pengantin, lafa basmallah dan ornament pada cover undangan pernikahan.

Emboss

Emboss adalah teknik cetak pada suatu media dengan cara mengepress media tersebut dengan menggunakan satu / dua plat / klise emboss untuk memberikan hasil permukaan timbul keluar. Sebagian besar undangan pernikahan mewah menggunakan teknik ini, karena teknik ini akan memberikan kesan mewah / elgan pada kertas.

Gambar undangan emboss

Deboss

Emboss adalah teknik cetak pada suatu media dengan cara mengepress media tersebut dengan menggunakan satu / dua plat / klise emboss untuk memberikan hasil permukaan timbul kedalam.

Gambar undangan deboss

Punch / Pond

Yaitu proses pemotongan kertas dengan menggunakan pisau khusus yang telah didesain sesuai dengan keinginan. Sehingga hasilnya tidak hanya potongan kertas lurus saja, tetapi juga bisa berkelok sesuai dengan desain. Pada undangan pernikahan, teknik ini biasanya digunakan untuk membuat amplop undangan, atau juga untuk membuat undangan dengan bentuk tertentu.

Creassing/ Rell

Teknik ini digunakan untuk memberikan garis lipatan lurus pada kertas, sehingga kertas yang dilipat akan rapi dan tidak pecah. Pada undangan pernikahan biasanya digunakan untuk lipatan isi undangan.

Laser Cutting

Teknik pemotongan dengan menggunakan mesin laser. Seperti halnya printer, Mesin ini bekerja berdasarkan desain yang ada dikomputer. Jadi mesin ini mampu memotong media dengan desain potongan yang sangat rumit yang tidak bisa dilakukan dengan mesin punch. Jika anda melihat undangan pernikahan yang memiliki potongan desain yang kecil dan rumit berarti undangan tersebut dikerjakan dengan mesin ini. Undangan pernikahan yang dibuat dengan laser cutting cenderung lebih mahal, karena jasa untuk menggunakan mesin ini juga mahal, tetapi hasil yang diberikan sebanding dengan harganya.

Letterpress

Yaitu teknik cetak basah dengan cara mengepress plat khusus dengan tinta melalui roll mesin dan mentransfernya ke kertas. Karena dipress dengan plat sehingga bagian kertas yang terkena plat tersebut bisa timbul kedalam (deboss). Undangan pernikahan yang dicetak dengan teknik ini sangat klasik dan elegan. Undangan yang dicetak dengan teknik ini harganya cukup mahal mengingat mesin letterpress merupakan mesin kuno yang langka.

This entry was posted in . Bookmark the permalink.
× WhatsApp